Kondisi Umum Desa

31 Januari 2017 19:19:07 WITA

. KONDISI UMUM DESA

 

  1. a. Geografis

 

        Secara Geografis dan secara administratif Desa Tejakula merupakan salah satu dari 148  Desa  di Kabupaten  Buleleng dan  memiliki luas  Wilayah 1396 Ha.  Secara topografis terletak pada ketinggiaan  0 meter 300 meter diatas permukaan air laut.

Posisi Desa Tejakula yang terletak pada bagian timur Kabupaten Buleleng berbatasan langsung dengan, sebelah   barat Desa   Bondalem, sebelah timur bebatasan Desa  Les, sebelah Utara   Laut Bali serta sebelah selatan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli.

Lahan di Desa sebagian besar merupakan lahan perkebunan dan pertanian dengan peruntukan sebagaimana pada table 1 (terlampir).

  1. Demografi

 

Jumlah Penduduk Desa Tejakula berdasarkan Profil Desa tahun 2014 sebesar 14.696 jiwa yang terdiri dari 7.501 laki laki dan 7.195 perempuan. Sedangkan pertumbuhan penduduk dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2014 adalah sebagaimana pada table 2 (terlampir).

Sebagian besar penduduk Desa Tejakula bekerja pada sektor  pertanian/perkebunan disusul sektor industri  secara  detail  mata  pencahariaan  penduduk  Desa  Tejakula adalah  sebagaimana pada table 3 (terlampir).

Kemudian kalau kita lihat trend pertumbuhan pencari kerja dari tahun ke tahun semakin meningkat  walaupun peningkatanya tidak begitu signifikan yaitu sebagaimana pada table 4 (terlampir).

 

  1. Pendidikan

 

Pendidikan  adalah  salah  satu  instrumen  penting  untuk  peningkatan  kualitas  dan kuantitas pendidikan. Tingkat pendidikan dan indicator akses pendidikan di Desa Tejakula sebagaimana pada table 5 dan 6 (terlampir).

 

  1. d. Kesehatan

 

Beberapa indikator penting bidang kesehatan Desa sebagaimana pada table 7 (terlampir).

 

   

  1. Insfrasturktur Dasar dan Pemukiman

Kondisi insfrastruktur perhubungan dan pemukiman di Desa Tejakula sebagaimana pada table 8, 9 dan 10 (terlampir).

 

  1. Kemiskinan

 

Menurut sumber Data dari BPLS tahun 2011 jumlah KK Miskin di Desa Tejakula adalah sebesar 785 KK mencapai 20,52 % dari 3.826 KK yang tersebar di 10 Banjar Dinas. Banjar Dinas yang tingkat prosentase kemiskinanya paling rendah yaitu Banjar Dinas Sila Darma dengan prosentase 0,58 % sedangkan prosentase kemiskinan tertinggi berada di Banjar Dinas Antapura dengan prosentase 4,13 %, sebagaimana pada table 11 (terlampir).

 

  1. g. Ekonomi

 

     g.1. Pertumbuhan Ekonomi

 

Salah satu indikator ekonomi untuk mengukur hasil hasil pembangunan adalah Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB ).   Dari data PDRB dapat dilihat pertumbuhan ekonomi suatu desa dan kontribusi   sektor dalam kegiatan pembangunan.  Pertumbuhan ekonomi Desa  Tejakula cukup  fluktuatif dengan mengalami kenaikan pada tahun ke tahun, sebagaimana pada table 12 (terlampir).

 

 

g.2. Potensi Ekonomi

Potensi ekonomi di Desa Tejakula adalah pada sektor perkebunan dan perdagangan sebagaimana pada table 13 dan 14 (terlampir).

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tejakula

tampilkan dalam peta lebih besar